menampilkan klik kanan mouse yang di hidden oleh virus

1. Buka Notepad/Text Editor lain, dan Ketik:
Windows Registry Editor Version 5.00
[HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer]

“NoViewContextMenu”=dword:00000000

2. lalu simpan ketikan tersebut sebagai registry entry file ( .reg ), misal : "Show_Context_Menu.reg"

3. Setelah tersimpan, Klik Ganda File tersebut untuk memasukkan dan menoktifkan Registry Entry File tersebut ke dalam Windows Registry Database

Sebagai Catatan: Cara Eksekusi Registry Entry File di luar kasus ini bisa dengan Klik Kanan untuk mengaktifkan context menu, kemudian Pilih dan Klik “Merge”, tetapi karena Klik Kanan (Context Menu di-Disable), Anda tidak dapat melakukan dengan cara ini.
Dan bila Default Setting untuk Klik Ganda Reg File (.reg) telah dirubah dari “Merge” (Execute/Run) menjadi “Edit” (via Notepad) untuk tujuan keamanan, Anda buka “Folder Options”, lalu Modify (kembalikan setting) .reg Extension default setting dari “Edit” ke “Merge”.
Bila “Merge” tidak ada (dihapus), maka bikin entry “Merge” sendiri, setelah selesai, Klik “OK” untuk keluar. Kemudian, baru Anda Klik Ganda Reg File (.reg) nya.
Untuk melihat Efek/Hasilnya, diperlukan Restart Windows.

Keterangan:
Virus Menyembunyikan/MenDeaktifkan/Men-Disable Klik Kanan (Context Menu) dengan membuat DWORD Key (“NoViewContextMenu”=dword:00000001).
Klik Kanan yang ter-Disable berlaku untuk atau terjadi pada Desktop dan Explorer-nya Windows. Bila Anda Browse dengan Windows Explorer, Klik Kanan dimatikan baik pada Drive, Folder, maupun File.